Powered By Blogger

Rabu, 24 Februari 2010

peserta pemilu dan biaya pemilu

Pemilu tahun 1999 akhirnya diikuti oleh 48 parpol ,dan ada di dalamnya 3 parpol besar yang berjaya di era sebelumnya di antara 3 parpol tersebut adalah [PPP,GOLKAR,dan PDI]. Di era sebelumnya ketiga partai itu saling berebut kursi sampai pada saatnya ada yang memenangkan.

Lambat waktu berjalan mulai bertambah dan banyak partai-partai kecil yang mendaftarkan menjadi peserta partai politik tak banyak partai yang tidak lolos karena administrasi yang kurang memadai,meski sangat menyedihkan bagi orang-orang parpol hal –hal tidak lolos seleksi sudah menjadi biasa dan bisa disebut blessing in disguisse dalam pandangan rakyat secara umum.

Pemilu pertama yang dilaksanakn pada era refornasi hampir memakan biaya yang sangat besar bisa di bilang biaya tersebut sekitar Rp1.3 triliun,itu sangat besar bukan bisya yang di keluarkan buat pemilu,padahal uang yang segitu besarnya bisa di gunakan buat hal-hal yang lebih kongkrit atau lebih efisien [itu pendapat saya pribadi]. Biaya di atas bisa di bilang hampir melebihi biaya pemilu yang terakhir yang mengeliarkan anggarang biaya sebesar Rp 233 miliar,bisa di bilang itu 5 kali lipat dari pengeluaran sesudahnya,kenapa demikian apa yang membedakan dari pemilu sebelumnya?kenapa iti terjadi dan kenapa tidak ada transparasi dari pemerintah.

Kalau saya boleh menyimpulkan sebernarnya kegiatan tersebut masih sangat membingungkan buat saya karena dengan biaya yang kurang fiktif dan kurang jelas kegunaannya.

nama : mukhlas abror

kelas : 2db17

npm :31108385

tugas tulisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar